SEBUAH INOVASI RENCANA PROYEK PERUBAHAN BIDANG PERBENDAHARAAN BPKAD KABUPATEN BANJAR TAHUN 2019.

clip_image002        

 

 

clip_image004                      clip_image006

 

SISTEM E-HIBAH BANSOS SEGERA DIRANCANG.

Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar Dr.I.G.Nyoman Yudiana,M.Si  mengatakan kegiatan monitoring dan evaluasi terkait Implementasi Daftar gaji Online (DAGO) dimana Sistem e-Hibah Bansos perlu segera dirancang Inovasi dalam upaya pelayanan Publik secara terbuka. Inti dari Proper/IPP tersebut adalah penyususunan Perbub dan Keputusan Bupati terkait dengan pengelolaan Hibah dan Bansos dengan menggunakan e-Hibah Bansos. Adapun kegiatan tersebut dilaksanakan setelah adanya rapat dan usulan dari Bidang Perbendaharaan melalui Kasubbid Belanja Tidak Langsung dan Pembiayaan.

Kegiatan tersebut akan melibatkan beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait seperti Bappedalitbang, Inspektorat, Badan Lingkungan Hidup, BPKAD, Bagian Hukum, Bagian Humas, Bagian Kesra, Bagian Pengendalian Pembangunan (ULP), Dispora, Dinas Kominfo, serta SKPD terkait lainnya.

Adapun Sistem Pengelolaan Hibah dan Bansos akan bekerjasama dengan Pemerintah Kota Bekasi Provinsi Jawa Barat, berdasarkan Laporan dari Perwakilan Badan Pemeriksa Keuangan Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2018 yang lalu dimana ada terdapat beberapa temuan terkait pertama penganggaran dan pertanggungjawaban Belanja Hibah dan Bansos tidak tertib. Kedua terdapat kelemahan dalam penganggaran dan pertanggungjawaban atas belanja tersebut seperti kelengkapan permohonan dilakukan pada saat proses pencairan, tidak saat perencanaan anggaran dan keterlambatan dalam penyampaian laporan pertanggungjawaban berupa laporan keuangannya. Hal ini akan segera dirancang Inovasi  E-Hibah Bansos yang berbasis Elektronik melalui Bidang BTL dan Pembiayaan.

clip_image008

Tim TI Pemerintah Kota Bekasi Provinsi Jawa Barat sedang memberikan Sosialisasi terhadap Aplikasi yang akan diluncurkan Pemkab Banjar.

Maka dalam hal ini segera dibuatkan rancangan Peraturan Bupati (Perbub) dan atau Keputusan Bupati Banjar berupa E-Hibah Bansos. Tujuan pembuatan Perbup dan Keputusan Bupati yang Pertama pengelolaan Hibah dan Bansos. Adapun tujuan penggunaan Sistem E-Hibah Bansos untuk mewujudkan Pengelolaan Hibah dan Bansos di Kabupaten Banjar yang lebih tertib, tepat administrasi, taat hukum, tepat sasaran, transparan dan akuntabel. Mewujudkan Manajemen Pemerintahan yang Efektif, Efesien dan Akuntabel, Transparansi. Mendorong Peningkatan Etos Kerja Aparatur dan Meningkatkan Kualitas Penyelenggaraan Pelayanan Publik di Kabupaten Banjar.

Maksud penggunaan Sistem E-Hibah Bansos untuk memanfaatkan Teknologi Informasi yang tersedia Secara Optimal, Tepat dan Berdayaguna. Menata Sistem Manajemen kerja Pemerintahan menjadi lebih efektif dan efesien terutama dalam pengelolaan Hibah dan Bansos melalui                       E-Hibah Bansos. Dan menjamin ketersediaan Data dan Informasi Pemerintahan dan Pembangunan yang Valid dan Akuntabel.

clip_image010

Perencanaan Strategis adalah suatu proses yang akan memutuskan program apa yang akan dijalankan oleh suatu organisasi perangkat daerah serta berapa jumlah sumber daya yang akan dialokasikan pada setiap program untuk beberapa tahun mendatang. Perumusan strategis adalah proses memutuskan strategi baru, sedangkan perencanaan strategis adalah proses mengimplementasikan strategi. Rencana Strategis BPKAD Kabupaten Banjar dirumuskan dan disusun berdasarkan pada RPJMD Kabupaten Banjar Tahun 2016-2021 dan Tupoksi BPKAD Kabupaten Banjar sebagai Organisasi Perangkat Daerah yang mengemban tugas dalam hal mengelola keuangan dan aset Pemerintah Daerah. Renstra BPKAD Kabupaten Banjar juga dibuat dengan memperhatikan Aspirasi dan Isu yang berkembang serta berbagai Kebijakan Pemerintah yang akan dilaksanakan demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Banjar.

(Renstra BPKAD Kabupaten Banjar).

clip_image012