Kegiatan Survey Tanah Dan Bangunan Milik Pemerintah Kabupaten Banjar Dalam Rangka Pengamanan Barang Milik Daerah Tahap Pertama

 

Pengelolaan Barang Milik Daerah adalah keseluruhan kegiatan yang meliputi perencanaan kebutuhan dan penganggaran, pengadaan, penggunaan, pemanfaatan, pengamanan dan pemeliharaan, penilaian, pemindahtanganan, pemusnahan, penghapusan, penatausahaan dan pembinaan, pengawasan dan pengendalian.

Pengelola Barang, Pengguna Barang dan/atau kuasa Pengguna Barang wajib melakukan pengamanan barang milik daerah yang berada dalam penguasaannya. Pengamanan barang milik daerah sebagaimana dimaksud adalah sebagai berikut:

1.      Pengamanan fisik;

2.      Pengamanan administrasi; dan

3.      Pengamanan hukum

Kegiatan survey ini dilaksanakan oleh Dinas Pertanahan Kabupaten Banjar dan didampingi oleh Bidang Aset BPKAD Kabupaten Banjar.

Pada tahap pertama ini kegiatan survey dilaksanakan dibeberapa lokasi sebagai berikut:

1.      Tanah dan Bangunan Komplek Mess Pemerintah Kabupaten Banjar

2.      Tanah dan Bangunan TK. Trisula

3.      Tanah / lahan kosong yang mulanya digunakan sebagai lapangan sepakbola.

4.      Tanah dan Bangunan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pemerintah Kabupaten Banjar

Tanah dan Bangunan Komplek Mess Pemerintah Kabupaten Banjar terletak di Jalan Menteri Empat Kelurahan Jawa Martapura. Pada tanah tersebut ada bangunan Rumah Golongan III Type A Semi Permanen yang dulunya dijadikan Komplek Mess Pemerintah Kabupaten Banjar dan beberapa buah bangunan kios atau warung dan bangunan rumah semi permanen yang berdiri di atas tanah Pemerintah Daerah ini nantinya akan dibuatkan regulasi atau peraturan mengacu Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 19 Tahun 2016 tentang Pedoman Pengelolaan Barang Milik Daerah.

Bangunan Komplek Mess Pemerintah Kabupaten Banjar tersebut dicatat oleh BPKAD Kabupaten Banjar dengan nama item pada KIB BPKAD yaitu Rumah Gol. III Type A Semi Permanen (Komp. Bangunan Mess Pemda), sedangkan tanah tersebut masih dalam proses untuk dilakukan pencatatan oleh Pemerintah Kabupaten Banjar.

Tanah dan Bangunan TK. Trisula terletak di Jalan A. Yani KM 39.5, RT.2 RW.2 Kelurahan Jawa Kecamatan Martapura. Bangunan TK ini dicatat oleh BPKAD Kabupaten Banjar dengan nama item pada KIB BPKAD yaitu Bangunan Gedung Pendidikan Permanen (Bangunan TK. Trisula), sedangkan tanah tersebut masih dalam proses untuk dilakukan pencatatan oleh Pemerintah Kabupaten Banjar.

Tanah / lahan kosong milik Pemerintah Kabupaten Banjar yang mulanya digunakan sebagai lapangan sepakbola yang berdampingan dengan perumahan dinas dokter yang terletak di Jalan Pramuka, Komplek Pangeran Antasari Kelurahan Jawa Kecamatan Martapura, pada lahan atau tanah tersebut berdiri bangunan kios atau warung yang ini nantinya akan dibuatkan regulasi atau peraturan mengacu Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 19 Tahun 2016 tentang Pedoman Pengelolaan Barang Milik Daerah. Tanah tersebut masih dalam proses untuk dilakukan pencatatan oleh Pemerintah Kabupaten Banjar

Tanah dan Bangunan yang ditempati oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan terletak di jalan Perwira No. 44G Kelurahan Tanjung Rema, Kecamatan Martapura. Bangunan ini masih dicatat oleh BPKAD Kabupaten Banjar dengan nama item pada KIB BPKAD yaitu Bangunan Gedung Kantor Permanen (Gedung Kantor Exs Akbid) dan Bangunan Gedung Pertemuan Permanen (Gedung Aula Exs Akbid). Dua Buah Bangunan tersebut dulunya Eks. bangunan Akbid yang berdiri pada sebidang tanah yang masih dalam proses untuk dilakukan pencatatan oleh Pemerintah Kabupaten Banjar.

Dinas Pertanahan yang menangani permasalahan tentang tanah milik Pemerintah Kabupaten Banjar akan membuatkan alas hak atas tanah pada lokasi tersebut di atas yang nantinya akan digunakan sebagai bahan proses sertifikasi tanah milik Pemerintah Kabupaten Banjar sehingga tindakan pengamanan Barang Milik Daerah dapat terlaksana dengan baik.

BERIKUT INI BEBERAPA DOKUMENTASI TENTANG KEGIATAN SURVEY TANAH DAN BANGUNAN MILIK PEMERINTAH KABUPATEN BANJAR DALAM RANGKA PENGAMANAN BARANG MILIK DAERAH TAHAP PERTAMA

clip_image002

Gambar 1: Tanah Komplek Mess Pemerintah Kabupaten Banjar, yang di atasnya berdiri bangunan kios dan warung semi permanen.

clip_image004

Gambar 2 : Dinas Pertanahan melakukan penitikan koordinat didampingi dengan Bidang Aset di lokasi Komplek Mess Pemerintah Kabupaten Banjar.

clip_image006

Gambar 3 : Pengamanan Fisik terhadap tanah Komplek Mess Pemerintah Kabupaten Banjar telah dilaksanakan oleh Bidang Aset berupa patok aset Pemkab Banjar.

clip_image008

Gambar 4 : Tanah Komplek Mess Pemerintah Kabupaten Banjar, yang di atasnya berdiri bangunan rumah semi permanen.

clip_image010

Gambar 5 : Tanah Komplek Mess Pemerintah Kabupaten Banjar, yang di atasnya berdiri bangunan permanen yang bukan milik pemerintah.

clip_image012

Gambar 6 : Tanah Komplek Mess Pemerintah Kabupaten Banjar, yang di atasnya berdiri bangunan permanen yang bukan milik pemerintah.

clip_image014

Gambar 7: Pengukuran luasan dan Penitikan koordinat tanah Komplek Mess Pemerintah Kabupaten Banjar oleh Dinas Pertanahan Kabupaten Banjar agar dapat menjadi bahan alas hak atas tanah milik Pemerintah Kabupaten Banjar.

clip_image016

Gambar 8 : Penitikan koordinat tanah Komplek Mess Pemerintah Kabupaten Banjar oleh Dinas Pertanahan Kabupaten Banjar agar dapat menjadi bahan alas hak atas tanah milik Pemerintah Kabupaten Banjar.

clip_image018

Gambar 9 : Bidang Aset dan Dinas Pertanahan Kabupaten Banjar mengecek batas tanah Komplek Mess Pemerintah Kabupaten Banjar.

clip_image020

Gambar 10 : Pengukuran luasan dan Penitikan koordinat tanah Komplek Mess Pemerintah Kabupaten Banjar oleh Dinas Pertanahan dan Bidang Aset Kabupaten Banjar agar dapat menjadi bahan alas hak atas tanah milik Pemerintah Kabupaten Banjar

clip_image022

Gambar 11 : lokasi kedua tanah dan bangunan TK. Trisula.

 

 

clip_image024

Gambar 12 : Pengukuran luasan dan Penitikan koordinat tanah bangunan TK Trisula oleh Dinas Pertanahan dan Bidang Aset Kabupaten Banjar agar dapat menjadi bahan alas hak atas tanah milik Pemerintah Kabupaten Banjar.

clip_image026

Gambar 13 : Penitikan koordinat tanah bangunan TK Trisula oleh Dinas Pertanahan dan Bidang Aset Kabupaten Banjar agar dapat menjadi bahan alas hak atas tanah milik Pemerintah Kabupaten Banjar

clip_image028

Gambar 14 : Penitikan koordinat tanah bangunan TK Trisula oleh Dinas Pertanahan dan Bidang Aset Kabupaten Banjar agar dapat menjadi bahan alas hak atas tanah milik Pemerintah Kabupaten Banjar

clip_image030

Gambar 15 : Penitikan koordinat tanah bangunan TK Trisula oleh Dinas Pertanahan dan Bidang Aset Kabupaten Banjar agar dapat menjadi bahan alas hak atas tanah milik Pemerintah Kabupaten Banjar.

clip_image032

Gambar 16 : Penitikan koordinat tanah bangunan TK Trisula oleh Dinas Pertanahan dan Bidang Aset Kabupaten Banjar agar dapat menjadi bahan alas hak atas tanah milik Pemerintah Kabupaten Banjar

clip_image034

Gambar 17 : Lokasi ketiga, Tanah / lahan kosong yang mulanya digunakan sebagai lapangan sepakbola yang terletak di Jalan Pramuka, Komplek Pangeran Antasari Kelurahan Jawa Kecamatan Martapura

clip_image036

Gambar 18 : Pengukuran oleh Dinas Pertanahan terhadap Tanah / lahan kosong yang mulanya digunakan sebagai lapangan sepakbola yang terletak di Jalan Pramuka, Komplek Pangeran Antasari Kelurahan Jawa Kecamatan Martapura.

clip_image038

Gambar 19 : Kasubbid Pemanfaatan dan Pengamanan membuka jalan dengan menebas rumput liar untuk membantu proses pengukuran Tanah / lahan kosong tersebut menjadi lebih mudah.

clip_image040

Gambar 20 : Penitikan koordinat oleh Dinas Pertanahan dan didampingi Bidang Aset BPKAD terhadap Tanah / lahan kosong yang mulanya digunakan sebagai lapangan sepakbola yang terletak di Jalan Pramuka, Komplek Pangeran Antasari Kelurahan Jawa Kecamatan Martapura.

clip_image042

Gambar 21 : di atas tanah tersebut berdiri bangunan yang dibangun oleh Dinas Perumahan dan Permukiman tahun 2015 silam, yaitu Bangunan TPS3R dan Bank Sampah yang sekarang bangunan tersebut dicatat oleh Dinas Lingkungan Hidup.

clip_image044

Gambar 22 : Pengukuran oleh Dinas Pertanahan terhadap Tanah / lahan kosong yang mulanya digunakan sebagai lapangan sepakbola yang terletak di Jalan Pramuka, Komplek Pangeran Antasari Kelurahan Jawa Kecamatan Martapura.

clip_image046

Gambar 23 : di atas tanah tersebut berdiri pula bangunan kios atau warung yang dibangun oleh warga sekitar yang nantinya akan dibuatkan peraturan atau regulasi yang mengatur bangunan tersebut.

clip_image048

Gambar 24 : Lokasi terakhir tahap pertama, Tanah Bangunan Kantor dulu eks. bangunan Akbid yang sekarang ditempati oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pemerintah Kabupaten Banjar.

clip_image050

Gambar 25 : Pengukuran dan Penitikan Koordinat oleh Dinas Pertanahan terhadap Tanah Bangunan Kantor dulu eks. bangunan Akbid yang sekarang ditempati oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pemerintah Kabupaten Banjar.

clip_image052

Gambar 26 : Pengukuran dan Penitikan Koordinat oleh Dinas Pertanahan terhadap Tanah Bangunan Kantor dulu eks. bangunan Akbid yang sekarang ditempati oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pemerintah Kabupaten Banjar.

clip_image054

Gambar 27 : Kasubbid Pemanfaatan dan Pengamanan sedang berdiskusi dengan Kasi Perencanaan Penugasan dan Penangguhan Tanah tentang Tatacara Pengamanan Barang Milik Daerah.